Cara Rayap Masuk Ke Rumah

Rayap sebenarnya adalah serangga yang bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan dalam ekosistem manusia. Hal itu lantaran mereka merupakan konsumen primer dalam rantai makanan yang memiliki peran dalam keberlangsungan siklus beberapa unsur seperti karbon dan nitrogen. Sayangnya, manusia juga membutuhkan tanaman sebagai bahan pembuat rumah tidak hanya untuk dimakan. Akhirnya, manusia dan rayap bersaing dalam memenuhi kebutuhan primernya. Hal tersebutlah yang memicu munculnya rayap di sekitar bangunan atau perabotan kayu. Hewan ini mampu menyerap dan melumatkan lemari pakaian dalam satu malam saja. Dibutuhkan solusi yang tepat untuk mengentaskannya.

Di musim hujan mereka bisa lebih agresif memakan kayu-kayu yang ada di dalam rumah. Perabotan yang terbuat dari kayu seperti meja, kursi, kusen akan cepat rusak di makan apabila tidak dilakukan perawatan pada perabotan tersebut. Seringkali penghuni beberapa kali sudah membasmi rayap tersebut, namun seringkali pula mereka muncul lagi. Ada beberapa penyebab kenapa rayap mudah masuk ke dalam rumah.

Tanah pada bangunan rumah kemungkinan dulunya adalah kebun dengan tanah yang subur dan gembur, tanah seperti itu biasanya disukai oleh rayap. Terutama saat musim hujan kelembabpan membuat hewan ini menggemburkan tanah lebih tinggi. Karena itu rumah yang mempunyai riwayat kebun dengan tanah yang subur sebaiknya segera membasmi bahkan mencegah datangnya rayap karena akan merusak bangunan.

Rayap adalah jenis serangga yang tak mengenal kompromi saat memakan bagian-bagian perabotan yang ada di dalam rumah. Sebaiknya, hindari barang-barang yang rentan terhadap serangan seperti buku, kabel listrik, mebel, telepon pada ruangan yang lembab dan jangan terlalu dekat dengan dinding. Hewan perusak ini juga dapat menembus tembok bangunan walaupun memiliki tebal beberapa centimeter, hal itu dilakukan dengan cara membuat terowongan dari dinding-dinding tersebut menuju sasarannya. Elemen konstruksi apapun pada bangunan seperti slab, basement atau crawl space dapat ditembus melelai terowongan yang dibuat meskipun sangat kecil. Terowongan itu terdapat pada slab di sekitar kayu atau pipa ledeng. Celah-celah kecil yang dibuat rayap juga bisa ditemukan pada pondasi, tembok, serta pada kuda-kuda atap. Rayap akan membuat sebuah lubang di pondasi lalu menuju ke atas hingga mencapai puncak dan memenuhi seluruh tembok.

Rayap tanah biasanya akan ditemukan di dalam tanah sekitar rumah dan benda-benda yang terbuat dari kayu. Serangga jenis ini biasanya hidup di daerah hangat seperti pesisir pantai. Beda lagi dengan rayap kayu yang hanya berada dalam kayu dan bisa di temukan di wilayah manapun. Selain berada di kayu dan tanah, mereka juga suka berada di tumpukan kompos yang ada di kebun atau sekitar rumah. Karena itu perhatikan baik-baik kompos yang dimiliki karena rawan dengan rayap.

Rayap dapat menjelajah sejauh puluhan meter, tidak sulit baginya untuk menempuh jarak puluhan meter ke atas atau vertikal. Karena itu rayap bisa melalui celah-celah antara pipa dan tembok. Tidak peduli drinase bersih ataupun kotor. Baik pipa kabel atau drainase dengan mudah membuat celah-celah kecil dan menjangkau seluruh sudut rumah. Karena sebab itu mereka terkadang sulit untuk terdeksi.

Rayap bisa dibasmi dengan menggunakan minyak tanah. Semprotkan minyak tanah pada sarangnya maka mereka akan bermunculan dari dalam tanah. Selain menggunakan minyak tanah, tembakau juga bisa digunakan untuk mengusir rayap. Rendam tembakau dalam air semalaman kemudian semprotkan esok harinya ke sarang rayap.

Anti Rayap

Advertisements